Artikel Terkini

Friday, August 31, 2012

ram dan kerusakan'a

0 comments
RAM, atau Random Access Memory atau lebih dikenal sebagai memory, merupakan satu hardware yang penting dalam sistem komputer.Pernah dengar suatu kalimat berbunyi “semakin besar RAM, semakin cepat kinerja komputer ”  Kalimat ini sedikit bayak benar, karana RAM memainkan peranan untuk membantu CPU dalam melaksanakan proses/task pada sesuatu sistem ko...mputer. Tapi RAM tinggi tanpa dukungan Processor juga jadi masalah tersendiri. misalnya Processor P3 kasih ram 3GB, kan komputernya jadis ering hang. ha...ha..

Oke kita lanjutin aja bro..
Berikut ini merupakan jenis-jenis RAM
- SRAM (Static RAM), - DRAM (Dynamic RAM) - SDRAM (Synchronous Dynamic RAM) - DDR SDRAM (Double Data Rate SDRAM), - RD RAM (Rambus) , - DDR2 SDRAM (Double Data Rate Two SDRAM) serta - Rambus XDR DRAM (eXtreme Data Rate DRAM), saat ini malah sudah DDR3. ngak tahu kedepannya bagaimana?

Perbedaan DDR dan DDR2
# Memori DDR biasanya biasa ditemui pada kecepatan 266/333/400 Mhz sedangkan DDR2 pada kecepatan 400/533/667/800 Mhz.
# DDR2 mengkonsumsi daya lebiah rendah (1,8 volt) daripada DDR (2,5 volt).
# Modul DDR memiliki jumlah kaki 184 pin sedangkan DDR2 berjumlah 240 pin.
# CAS Latency (CL –waktu tunggu dalam mengirimkan data) pada DDR biasanya berkisar pada angka 2,2,5 atau 3. pada DDR2 biasanya berupa angka 3,4 atau 5 clock. Namun pada DDR2 bisa terdapat pula Additional latency (AL) mulai 0,1,2,3,4 atau 5 clock. Jadi pada DDR 2 dengan CL4 dan CL1 akan memilki angka latency sebesar 5.
# Controller internal pada DDR mengerjakan 2-bit data dari storage sedangkan DDR2 daat mengerjakan 4-bit sekaligus.
Memori DDR2 telah didukung oleh motherboard High-end. Kita mengcompile di bawah suatu daftar yang pendek dengan perbedaan-perbedaan utama antara memori-memori DDR2 dan DDR.
Kenapa ngak nyinggung tentang SD-RAM, sudah basi bro maklum digunakan untuk P3 kebawah.

PENYEBAB KERUSAKAN RAM
Ada banyak hal yang menyebabkan, diantaranya adalah :


  1. "Kerusakan" fisik". mungkin jatuh atau kena benturan atau kena air hujan (mungkin atapnya bocor )Untuk mengatasinya Anda harus memeriksa kondisi fisik RAM tersebut. Buka casing komputer Anda, lalu cabut RAM tersebut. Bersihkan apabila RAM dan socketnya kotor. Periksa juga apakah ada karat.
  2. SOAK, apaan tuh?. saya pakai istilah orang elektro. soak artinya sudah lama dipakai, sudah dapat masanya mau rusak. mengatasinya ganti yang baru 
  3. Penggunaan VGA card on board. VGA card onboar biasanya mengambil atau memanfaatkan RAM yang ada sehingga kerja ram menjadi lebih berat, tentu saja jadi sepat rusak.
  4. Terdapat driver atau program yang dijalankan dari config.sys atau autoexec.bat yang bekerja menggunakan RAM. Solusinya : Edit file autoexec.bat dan config.sys dengan menggunakan Notepad. Lalu editlah pada baris yang "mencurigakan" atau yang kira-kira digunakan untuk me-load program. Bila ketemu tambahkan kata REM (tetapi bila Anda menambahkan kata REM maka program tersebut tidak akan di-load/dijalankan). Bila Anda memakai driver CD-ROM 4x dari Teac, ubahlah parameter xmssize= -1 pada autoexec.bat menjadi xmssize=0.
  5. Virtual device driver dijalankan dari system.ini. Untuk mengatasinya buka system ini dengan cara klik Start - Run - ketikkan sysedit. Pilih system.ini. Lalu editlah pada baris yang kira-kira digunakan untuk meload virtual device driver. 
  6. Kesalahan pada CMOS setting. Pada beberapa komputer terdapat feature Memory Hole at 16 Mb atau Hold to 15 Mb RAM. Jika feature tersebut di enable maka jika Anda memiliki RAM yang lebih besar dari 15 Mb atau 16 Mb, Windows tetap akan mendeteksi sebesar 15 Mb atau 16 Mb. Untuk mengatasi hal ini, silakan di disable feature tersebut. maklum ini untuk RA jenis lama.
  7. dan penyebab lainnya.
TANDA-TANDA RAM RUSAK ATAU BERMASALAH
1. Blue Screen of Death selama proses instalasi Windows XP. Ini adalah salah satu tanda paling pasti bahwa salah satu kecurigaan merujuk pada memori yang rusak. maksudnya disini ketika kita menghidupkan komputer layar komputer berwarna biru lalu restart demikian kejadiannya berulang-ulang.
2.Blue Screen kemudian ada tulisan text. lalu komputer diam, layar tetap berwarna biru.
3. komputer restart terus menerus.
4. Ketika komputer dihidupkan terdengar bunyi beep panjang berulang ulang, pada layar tidak ada tampilan.
5. dan beberapa kejadian lain

CARA MENGATASINYA
1. Apabila muncul Blue Screen, komputer restart terus menerus, terdengar bunyi beep panjang terus menerus, maka buka casing komputer, cabut RAMnya (sayang saya tidak bisa memasukan gambar RAM disini). selanjuntya bersikan ram menggunakan kain atau kuas, lalu pasang kembali. seharusnya oke bro.

Tapi gimana kalau belum oke juga, coba ambil benda logam atau kawat, cabut lagi ramnya lalu pada kaki pin-pinnya kontakkan dengan kawat tersebut. lakukan pemukulan secara perlahan pada tangan anda. maksudnya ramnya dipukul perlahan ketangan anda beberapa kali. tujuannya untuk membuang tegangannya.

Semoga membantu, jumpah lagi di pelajaran berikutnya.

Leave a Reply